Tuesday, June 28, 2016

Gunakan Desain Mobile-Friendly atau Blog Kamu Bakalan Kehilangan Banyak Pengunjung

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email pemberitahuan dari Google Webmaster Tools kalau salah satu web saya mendapatkan sedikit masalah.
Kurang lebih seperti ini isi emailnya:
Evo Templates tidak Mobile Friendly
Yap, saya mendapatkan pemberitahuan ini karena salah satu web saya, www.evotemplates.net tidak memiliki desain yang mobile-friendly.

Mobile-friendly

Saya yakin sobat semua tahu lah jika perangkat mobile saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Smartphone dan tablet ada di mana-mana.
Sebagai seorang blogger tentunya kita ingin agar blog ataupun web yang kita kelola dapat diakses dengan mudah di perangkat mobile baik itu smartphone ataupun tablet.
Nah untuk mewujudkan hal tersebut kita perlu menggunakan desain blog yang bersahabat dengan perangkat mobile atau istilah kerennya Mobile-friendly.

Kenapa Mobile-friendly itu penting?

Jika melihat dari pertumbuhan pengguna perangkat mobile saat ini sudah pasti menjadi hal yang sangat penting untuk menggunakan desain blog mobile-friendly.
Kabanyakan orang sekarang menghabiskan banyak waktunya untuk browsing di internet menggunakan perangkat mobile ketimbang melalui komputer desktop.
Yang artinya jika blog yang kita miliki sulit untuk diakses di perangkat mobile, blog kita bakalan kehilangan banyak pengunjung.
Terlebih saat ini Google sudah resmi menampilkan label “Mobile-friendly” pada hasil pencarian di perangkat mobile.
Itu artinya jika blog sobat muncul di google dan tidak menampilkan label “Mobile-friendly” orang akan pikir-pikir ulang untuk mengklik dan mengunjungi blog sobat.
Selain itu peringkat blog sobat pada hasil pencarian juga akan kurang maksimal karena mobile-freindly saat ini sudah menjadi salah satu faktor yang digunakan Google untuk menentukan peringkat hasil pencarian.
Untuk mengecek apakah blog sobat mobile-friendly atau tidak, silakan KLIK DI SINI.

Bagaimana cara membuat blog jadi Mobile-friendly?

Jika sobat pengguna blogger.com maka tidak perlu berpusing-pusing ria, cukup aktifkan fitur template seluler yang ada di blogger.
Masuk ke blogger > Template > Klik icon “Roda” dan pilih “Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler”
Template Seluler
PENTING!!
Bagi yang pernah membaca tutorial SEO Blogger di blog ini, harap untuk mengembalikan custom file robots.txt ke default karena hal tersebut akan menghalangi Google mengindex halaman versi seluler.
Untuk masalah duplikat konten sobat sudah tidak perlu khawatir, jika sobat menggunakan template blogger yang bagus duplikat konten nggak akan terjadi.

Bagaimana dengan desain Responsive?

Kekurangan dari fitur template seluler dari blogger adalah desain blog menjadi sangat sederhana dan jelek jika diakses melalui perangkat mobile.
Nah jika sobat ingin blog sobat mobile-friendly tapi tetap terlihat ganteng dan keren, maka menggunakan desain responsive adalah cara lain yang bisa digunakan.
Hanya saja, merubah blog menjadi responsive tidaklah semudah mengaktifkan fitur template seluler yang ada di blogger.
Jika template blog sobat saat ini belum memiliki desain yang responsive, maka hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti template yang sudah responsive.
Jika bingung dimana mencari template blogger yang responsive dan keren, kunjungi www.evotemplates.net, banyak template responsive keren di sana.

Kenapa www.evotemplates.net tidak Mobile-friendly?

Melihat dari pesan pemberitahuan yang saya dapat di atas, mungkin ada beberapa dari sobat yang bertanya-tanya, kenapa web saya www.evotemplates.net tidak mobile-friendly.
Jawabannya : Sengaja.
Pada awalnya saya memang sengaja membuat web www.evotemplates.net tidak mobile-friendly karena rata-rata pengunjung datang dari perangkat desktop.
Hanya sekitar 20% yang mengakses www.evotemplates.net dari mobile.
Tapi setelah mendapatkan email pemberitahuan di atas dan menyadari bahwa angka 20% bukanlah termasuk sedikit, maka kedepannya saya akan melakukan perbaikan pada www.evotemplates.net.

Kesimpulan

Entah sobat masih baru memulai dalam mengelola blog atau sudah lama, jangan sampai terlambat untuk menggunakan desain blog mobile-friendly dari sekarang juga agar pengunjung blog sobat semakin banyak dan banyak lagi.

No comments :

Post a Comment